Cara mengatur screen resolution di Windows 7

Kenyamanan tampilan di monitor sangat dipengaruhi oleh pengaturan screen resolution. Pengaturan screen resolution yang kurang pas dapat mengakibatkan tampilan windows di monitor menjadi kurang nyaman untuk dilihat. Semakin besar screen resolusi monitor, maka tampilan gambar akan semakin halus dan sebaliknya.

Pengaturan Screen resolution juga dipengaruhi oleh besar kecilnya VGA yang terinstall dikomputer atau laptop tersebut. Semakin besar volume VGA yang terinstall maka akan semakin baik kinerja maupun tampilan resolusi komputer tersebut. Pada beberapa program permainan atau game, agar dapat berjalan dengan baik dibutuhkan volume tertentu VGA terinstall dikomputer.

Untuk mengatur screen resolution di windows 7 dapat dilakukan dengan mudah seperti berikut ini :
  1. Klik kanan pada desktop kemudian pilih screen resolution

    screen resolution

  2. Pada jendela yang muncul klik tombol dropdown pada resolution kemudian geser slide ke atas atau kebawah sesuai dengan keinginan, sebaiknya pilih recommended.

    Mengatur screen resolution windows 7

  3. Jika sudah klik OK

19 komentar:

  1. gan monitor samsung synsmaster SA10 ane pake resolusi 1366x768 posisi tampilannya jadi ke ke kiri, tuh gmn gan?... adakah software untuk mengatur horizontal dan vertikal screen monitor ???
    kalo ada kasih tau gan,.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane pake sync master SA100 kalo mau ngepasin tinggal di teken aja powernya yg lama trus lepas, nanti dia ngatur sendiri

      Hapus
    2. Asem.. Gitu aja ternyata ye Gan.. Hahahaa.. Tapi bener kok ini.. Ane baru aja nyoba nih.. Setelah diotak-atik ke menu.. Eh ternyata cuma diteken yg lama doank power-nya.. Thanks Gan..

      Hapus
    3. gan itu yg di pncet power yg ada di mana??punya saya monitor pake lcd-LG 24mt44 dan enggunakan leptop acer 4732z,persoalanya sama persis kayak di atas.dah coba otak atik nyampe stres tapi blm berhasil.tolong pencerahanya...

      Hapus
  2. resolutionnya ga bisa di klik, gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana ni tante saya juga ga bisa klik pada resolutionnya

      Hapus
  3. gw ga ada recomendasinya gan... pas waktu buka game sebelum di insall ulang tampilannya benar sih cuman setengah tapi bagus. dan saat udah di instal ulang tampilan nya full screen dan gamenya yang enteng jadi berat dimainin itu gimana gan screen nya?? JAWAB!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  4. gan saya sudah ganti screen resolutionnya ke recommended , tetapi pada saya jalankan laptopnya langsung berubah ke 800*600
    tolong gan solusinya

    BalasHapus
  5. Masalahnya Driver VGA yang terinstall cuma bisa support resolution 800X600 padahal sebelum saya instal Windows7 baru dulu bisa support sampai 1200X800. mohon pencerahanya Gan????

    BalasHapus
  6. Masih tetap error gan :(

    BalasHapus
  7. Gan ada punya tips ga untuk mengatasi warna pecah setelah memilih resolusi yang paling sesuai dengan monitor? Jadi tampilan sudah pas namun warnanya pudar,gambar terlihat tidak jelas.....pencerahannya ditunggu....

    BalasHapus
  8. gan ikutan dong.
    ini gan screen resolution nya susah di buka selalu window cannot find.
    bagaimna cara nya biar gak begitu........?

    BalasHapus
  9. wkwkwkwkkkk di bodohin tehknologi.... hasem bener. terimakasih....terimakasih......terimakasih.

    BalasHapus
  10. asli gan saya udah otak atik ...tapi cuma gitu doang,,

    BalasHapus
  11. Awalnya tuh laptop eror pas dinyalain malah muncul pilihan dan saya pilih2 aja eh pas restart malah ukuran layarnya gede banget.pas mau ubah ukurannya malah ngak bisa,klo ditekan pilihannya malah lari pilihan paling bwah..gimana tuh?

    BalasHapus
  12. Setelah di instal driver vganya pada notebook Acer AOD 270 malah monitor ganti resolusi sendiri....kadang 800X600 kadang 1024X800
    trablenya dimana? ya Gan...mohon pencerahannya
    terimakasih

    BalasHapus
  13. Sip gan keren

    mohon Kunbalnya

    www.gamerzkere.blogspot.com

    BalasHapus