Cara Menyembunyikan Add or Remove Programs dari Control Panel

Salah satu cara uninstall program yang ada di komputer maupun laptop dapat dilakukan melalui Add or remove program yang ada di control panel. Anda bisa memilih daftar program yang ada di add or remove program pada windows XP atau pada Programs and Features di windows 7 untuk di uninstall.

Karena fungsinya sebagai langkah untuk uninstall sebuah program atau aplikasi, maka add or remove programs ini merupakan fitur yang penting untuk user, dimana jika program yang telah tidak dipergunakan lagi maka sebaiknya program tersebut diuninstall saja agar tidak membebani kinerja komputer. Namun demikian ketika anda tidak ingin program atau aplikasi yang anda senangi tidak ingin diuninstall oleh orang lain, maka anda bisa menyembunyikan fitur Add or remove programs agar tidak digunakan untuk uninstall program.

Langkah-langkah untuk menyembunyikan fitur add or remove programs dari Control panel dapat diikuti sebagai berikut.

  1. Tekan kombinasi tombol Window+R kemudian ketikkan gpedit.msc dan tekan enter untuk membuka jendela group policy editor.
  2. Masuk ke User Conviguration/Administratives Templates/Control Panel/Add or remove Programs
  3. Pada panel sebelah kanan klik ganda pada Remove Add or Remove Programs

    Disable Add or remove programs
  4. Ubah valuenya dari Not convigured menjadi Enabled kemudian klik OK

    Enabled
  5. Restart komputer dan mulai dari sekarang fitur add or remove programs atau programs and features tidak muncul lagi di control panel sehingga user tidak bisa melakukan uninstall program dari control panel.
  6. Untuk mengembalikan add or remove programs, ulangi langkah-langkah diatas kemudian ubah pilihan enabled menjadi not configured dan klik OK lalu restart komputer.

2 komentar: