Menampilkan Detail System Configuration di desktop

System configuration di desktop

System configuration atau seringkali disebut dengan system info berisi tentang data-data mengenai system di computer, seperti Host Name, OS name, OS version, Memory, dsb. Untuk mengetahui detail system sebuah computer, biasanya user menggunakan fasilitas systeminfo.

Cara membuka systeminfo atau system configuration sebuah komputer atau laptop biasanya dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka jendela command prompt dengan cara tekan kombinasi tombol Window+R kemudian ketik cmd dan tekan enter.
  2. Setelah jendela command prompt terbuka ketik systeminfo dan tekan enter, maka detail syste configuration computer akan ditampilkan.

    System Info

Berbeda dengan cara tersebut diatas, anda dapat menampilkan detail system configuration di desktop. Dengan demikian anda tidak perlu membuka jendela command prompt untuk melihat system configuration tersebut, karena telah tampil didesktop. Anda dapat menggunakan software gratis yang bernama BGinfo dari SysInternals. Pertama-tama download terlebih dahulu BGInfo pada link dibawah. Kemudian extract file download lalu jalankan file BgInfo.

BGInfo

Anda dapat memilih detail yang ingin ditampilkan dengan menghapus item yang tampak pada layar hitam, atau menambahnya dengan item yang lain dengan memilih pada bagian Fields kemudian klik Add. Anda dapat menentukan letak tampilnya di desktop dengan klik pada position. Atau anda dapat melihat previewnya dengan klik pada preview. Apabila dirasa telah sesuai dengan keinginan, klik OK. Sekarang detail system configuration computer anda telah tampil di desktop.



0 komentar:

Posting Komentar