Convert dari FAT32 ke NTFS menggunakan Command Prompt (cmd)

Saat ini rata-rata harddisk, flashdisk, memorycard telah menggunakan file system NTFS, namun juga masih ada yang masih menggunakan file system FAT. Tentunya file system NTFS mempunyai kelebihan daripada FAT ditinjau dari segi kecepatan pembacaan data dan dari segi keamanannya.

Jika drive maupun flashdisk anda saat ini masih dalam file system FAT, anda bisa saja merubah atau meng convert menjadi NTFS file system dengan aman tanpa menggunakan software yaitu dengan menggunakan tools dari windows, command prompt (cmd). Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  1. Buka command prompt dengan cara tekan tombol window+R pada keyboard untuk membuka menu Run, kemudian ketikkan cmd dan tekan enter.

    Command prompt | cmd
  2. Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan perintah “Convert X: /FS:NTFS” tanpa tanda petik, dengan keterangan X adalah nama drive yang diconvert. Sebagai contoh, drive D yang akan diconvert menjadi ntfs file system. Maka perintah yang diketik adalah Convert D: /FS:NTFS setelah itu tekan enter. Untuk convert file tertentu masukkan perintah “Convert X: /FS:NTFS /V /CvtArea:tulis nama file anda” dengan keterangan X adalah nama drive dimana file tersimpan, tulis nama file anda silahkan ganti dengan nama file yang akan diconvert kemudian tekan enter. Perhatikan betul-betul cara penulisannya, jangan sampai salah.
  3. Tunggulah hingga proses selesai, conversion complete.
  4. Setelah itu silahkan lihat perubahan file system pada drive anda telah berubah menjadi NTFS.

3 komentar:

  1. terima kasih gan infonya ya. saya coba pake trik ini di windows 7 gak bisa gan. gimana itu gan. terima kasih

    di tunggu kunjungannya di www.sarofudin.com ya gan

    BalasHapus
  2. saya punya hard disk ekternal ( USB ) file system NTFS karena banyak data PS2 didalamnya yang nota bene konsol PS2 tidak bisa mengenalinya selain file system FAT/FAT32. pertanyaannya, bisakah hardisk ekternal itu dirubah dari file system NTFS ke system FAT/FAT32? Terima kasih.

    BalasHapus
  3. thanks gan membantu banget semoga jaya terus gan :D

    BalasHapus