Cara menghapus file secara permanent tanpa melalui recycle bin

Recycle Bin


Pada suatu saat ketika file yang ada dikomputer telah banyak dan file-file tersebut sudah tidak berguna lagi maka yang dilakukan oleh user adalah menghapus file tersebut. Cara menghapus file yang ada dikomputer dapat dilakukan dengan cara memilih file tersebut kemudian tekan tombol del atau delete pada keyboard maka file tersebut akan terhapus dari komputer anda.

Secara default ketika sebuah file dihapus dari komputer akan tertampung terlebih dahulu di Recycle bin yang nantinya jika anda bermaksud untuk mengembalikan dan menggunakan file tersebut, anda bisa merestore kembali. Namun jika file tersebut benar-benar tidak dipergunakan, maka akan memakan space harddisk yang buntut-buntutnya akan mempengaruhi kinerja komputer.

Jika anda menghendaki maka anda bisa mengatur agar file yang dihapus tersebut tidak langsung menuju ke recycle bin, melainkan file tersebut akan terhapus secara permanen. Jika demikian halnya maka silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.

Ada dua cara untuk menghapus file secara permanen :
Cara pertama,
  1. Pilih file yang akan dihapus kemudian gunakan kombinasi tombol shift + del / delete pada keyboard
  2. Muncul pesan bahwa file tersebut akan dihapus secara permanen, Klik OK.
Cara kedua,
  1. Klik kanan pada recycle bin kemudian pilih properties
  2. Aktifkan radio button pada Don’t move file to the recycle bin. remove files immediately when deleted kemudian klik OK

    Menghapus file tanpa melalui Recycle Bin

  3. Maka ketika anda menghapus file akan langsung terhapus secara permanen.

4 komentar:

  1. percuma gan, file yang telah dihapus ternyata gak terhapus secara permanen. melainkan hanya menyediakan sebuah memori untuk diisi lagi. berikut beberapa metode penghapusan data secara permanen.

    http://blogsghifar.blogspot.com/2012/11/metode-metode-penghapusan-data-permanen.html

    BalasHapus
  2. @Gifar_Marhaban sy udh baca blognya caranya gimana jd gan nge delete yg aman? ksih tuts nya dong yg simple n efektif... thx!

    BalasHapus
  3. yakin cara ini bisa buat ngapus scra permanen,kira-kira bisa gak di cari lagi data yang di hapus..????

    BalasHapus