Cara mengaktifkan check box item untuk memilih beberapa file tanpa menekan tombol Ctrl di Windows 7

Memilih dan menyeleksi file dan folder biasanya dilakukan dengan klik satu kali pada file dan folder tersebut dengan menggunakan mouse. Jika ingin menyeleksi beberapa file atau folder user biasanya menggunakan tombol Ctrl dan klik mouse pada file folder yang diinginkan. Jika semua file atauy folder yang dipilih bisa menggunakan perintah Ctrl + A.

Pada Windows 7 dengan mengaktifkan check box (kotak check) pada file dan folder, anda bisa memilih atau menyeleksi file dan folder tanpa harus menekan tombol Ctrl pada keyboard. Anda hanya memilih file atau folder dengan klik pada kotak check atau check box pada masing-masing file atau folder tersebut. Untuk itu silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Buka jendela windows explorer
  2. Pada jendela windows explorer klik Organize kemudian pilih Folder and search options

    Folder and search options

  3. Pada jendela folder options aktifkan tab View kemudian beri tanda centang pada Use check boxes to select items dan Klik OK

    Check box

  4. Mulai dari sekarang ketika mouse anda arahkan ke file atau folder di windows explorer akan muncul kotak kecil disamping kiri file atau foder tersebut. Dengan klik pada kotak tersebut, maka file tersebut telah anda seleksi dan klik pada kotak pada file yang lain untuk memilih beberapa file.

    Memilih beberapa file tanpa menggunakan tombol Ctrl

3 komentar: