Tips Merawat Printer Agar Tidak Mudah Cepat Rusak

merawat printer
Printer adalah termasuk alat Out Put, yaitu mencetak data di komputer kedalam kertas. Sehingga printer mempunyai peran yang vital terhadap terjadinya sebuah dokumen fisik. Semakin lama kinerja sebuah printer bisa menurun bahkan malah rusak atau tidak bekerja seperti biasanya seperti tulisan bergaris, tinta tidak keluar, cartride rusak, warna tidak jelas, dll.

Jika terjadi seperti hal diatas tentunya user akan merasa resah dan gelisah alias jengkel, karena berakibat pada tidak terselesaikannya tugas yang telah diberikan kepadanya. Oleh karena itu untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan printer, maka tips merawat printer dibawah ini dapat menjadi langkah pencegahan awal agar printer anda dapat awet dan bekerja secara normal.
  1. Jangan biarkan printer anda tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, karena tinta pada nozzle bisa mengering dan akhirnya menyumbat pengeluaran tinta. Usahakanlah untuk menyalakan printer secara periodik.
  2. Bersihkanlah printer dari kotoran dan debu, karena bisa menyebabkan kerusakan pada alat yang akhirny a printer tidak bisa bekerja semestinya. Jangan menggunakan lap yang basah saat membersihkan printer, gunakanlah lap yang kering.
  3. Hindari penggunaan kertas yang terlalu tipis karena bisa menyebabkan kerusakan pada roller penarik kertas. Sebaiknya gunakan kertas berukuran 70 atau 80 gram.
  4. Gunakan kertas yang masih rapi (tidak terlipat-lipat) untuk menghindari tersangkut didalam printer.
  5. Hindari kehabisan tinta dalam cartride, periksa secara berkala volume tinta yang ada di cartride atau infus tank.
  6. Perhatikan wastepad (pembuangan tinta), jangan sampai tinta buangan sampai meluber didalam printer.
  7. Pada saat mengganti cartride, jangan sampai menyentuh bagian elektrik dari crtirde tersebut (Chip maupun head) dengan tangan anda, karena bisa merusak kompunen. Sebaiknya jika terpaksa harus membersihkan pada bagian tersebut gunakanlah tisu yang lembut dan berkualitas baik.
  8. Jika hasil kualitas cetakan berkurang seperti bergaris, lakukan Clean Head dengan menggunakan software bawaan printer tersebut.
  9. Gunakan tinta printer yang berkualitas baik.
  10. Jika terjadi kerusakan, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Jangan diperbaiki sendiri kecuali anda memang mahir memperbaiki printer.
Semoga tips tersebut dapat bermanfaat, dan semoga printer anda awet dan selalu berjalan normal.

3 komentar:

  1. Makasih info nya gan, ckup bermanfaat agar printer ttap awet,

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tipsnya, sangat bermanfaat karena sering mengalami problem printer yang cepat rusak

    BalasHapus