Cara backup key registry editor (regedit)

Registry editor

Banyak sekali trik windows dalam melakukan tweak dengan melakukan perubahan value maupun key pada windows regisstry. Dengan melakukan perubahan value maupun key pada registry editor akan berpengaruh pada windows pada umumnya, sebagai contoh adalah menghilangkan tanda anak padah pada icon di desktop dapat dilakukan dengan menghilangkan atau menghapus String isShortcut pada HKEY_CLASSES_ROOT\lnkfile.

Sebagai langkah antisipasi terhadap trik perubahan key maupun value yang ada di registry editor, sangat disarankan untuk melakukan backup terhadap key registry editor tersebut sebelum dilakukan perubahan. Dengan demikian anda akan dapat segera mengembalikan kondisi regedit pada kondisi semula ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Karena perlu diingat, bahwa jika terjadi kesalahan dalam melakukan perubahan registry editor dapat berakibat fatal, bisa-bisa windows anda akan crash atau rusak. Oleh karena itu backup regedit sangatlah dianjurkan.

Berikut ini adalah cara melakukan backup windows registry.

  1. Buka windows registry anda kemudian klik atau pilih key registry yang akan anda backup. Jika ingin membackup seluruh registry editor maka silahkan pilih Computer dijendela windows registry editor.
  2. Klik menu file kemudian pilih Export

    Backup Registry editor
  3. Simpan file backup registry editor di folder atau drive yang dipilih, sebaiknya jangan di drive C (system).
  4. Cara menggunakan file backup regedit dapat dilakukan dengan cara buk jendela regedit kemudian klik menu File dan pilih Import. Selanjutnya pilih file backup yang telah anda simpan sebelumnya dan klik Open.

3 komentar: