Cara Burn data atau menyimpan data ke cd tanpa software di windows 7

Seperti telah kami posting sebelumnya bahwa backup data merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Backup data dapat dilakukan di sebuah harddisk, flashdisk maupun dc atau dvd. Dengan demikian apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan data karena terhapus, terformat, maupun karena harddisk rusak, maka anda masih mempunyai salinannya yang dapat anda gunakan sesuai keperluan.

Untuk backup data ke cd maupun dvd pada windows xp maupun windows 7 telah terdapat fitur burning data ke cd maupun dvd. Jadi anda tidak memerlukan software apapun untuk melakukan burning data ke cd. Namun demikian jika anda ingin fitur yang lebih, banyak software burning yang menawarkan hal tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah burning atau backup data ke cd tanpa software di windows 7.

  1. Buka windows explorer dengan menekan tombol window+E di keyboard.
  2. Browse dan pilih folder atau file yang akan anda backup atau burning ke cd.
  3. Pada menu bar di jendela explorer, klik Burn

    burning data
  4. Masukkan CD/DVD kosong ke cd/dvd rom
  5. Maka proses copy file atau folder ke cd akan berlangsung.
  6. Setelah selesai maka pada drive cd rom akan terdapat file atau folder yang akan di simpan di cd ditandai dengan folder atau file dengan tanda panah ke bawah (temporary files).
  7. Seleksi file dan folder tersebut kemudian klik Burn to disc pada menu bar windows explorer anda.

    burning data ke cd
  8. Pada jendela yang muncul ketikkan nama cd anda sesuai selera dan atur kecepatan burning. Aktifkan pilihan close the wizard after the files have been burned agar setelah selesai burning jendela secara otomatis ditutup. Jika sudah klik next.

    Cd title
  9. Maka proses burning akan berlangsung dan bila telah selesai, pilih salah satu pilihan dan klik finish. Secara otomatis cd akan keluar sendiri ketika proses burning telah selesai

    Burning data ke cd

9 komentar: