Membuat shortcut Restart Explorer di desktop

Restart explorer sering kali digunakan untuk mengaplikasikan tweak windows dengan menggunakan windows registry editor (regedit) maupun gpedit atau untuk kebutuhan yang lain. Biasanya ketika melakukan tweak dengan merubah value di windows registry editor atau regedit maka hasilnya belum dapat dirasakan atau dilihat jika belum melakukan restart komputer atau restart explorer.

Restart explorer biasa dilakukan dengan menggunakan Task Manager. Pada tap Processes pilih explorer.exe kemudian klik End Process. Hal ini akan mematikan Windows Explorer. Dan untuk menghidupkan atau memulai explorer dilakukan dengan klik tap File pada Task Manager kemudian pilih New Task (Run...). Ketikkan explorer.exe pada kotak isian yang ada kemudian klik OK atau tekan Center. Maka Windows Explorer akan berjalan kembali.

Namun demikian jika anda terlalu ribet dengan cara tersebut, anda dapat membuat shortcut Restart Explorer dan ditempatkan di desktop. Sewaktu-waktu ingin restart explorer tinggal klik ganda pada shortcut tersebut. Dan berikut ini cara membuat shortcut Restart explorer.

Copy paste tulisan dibawah ini di notepad kemudian simpan di desktop dengan nama Restart explorer.bat (satuannya harus .bat)

@echo off
taskkill /f /im explorer.exe
start explorer.exe

Membuat shortcut restart explorer

Maka akan muncul shortcut restart explorer di desktop anda. Silahkan klik ganda shortcut tersebut untuk melakukan restart explorer.

shortcut restart explorer di desktop

1 komentar:

  1. hmm,, begitu ya caranya,, cobain deh,,, terimakasih tipsnya, mantap...

    BalasHapus