Cara mengatur default program untuk membuka file di windows 7

Membuka sebuah file dapat dilakukan dengan klik ganda pada file tersebut, atau bisa juga dengan membuka program aplikasi baru kemudian open file. Cara yang pertama yaitu klik ganda pada file adalah cara yang banyak digunakan oleh user untuk membuka sebuah program daripada cara yang kedua. Pada beberapa kasus khususnya pada file gambar, terkadang program yang digunakan untuk membuka program tersebut tidak sesuai dengan keinginan user. Misalnya saja, user mengharapkan ketika membuka file gambar, maka program yang membuka file gambar tersebut adalah Windows Photo Viewer bawaan windows, namun ternyata program yang muncul adalah aplikasi lain seperti adobe photoshop atau aplikasi yang lain.

Dengan kejadian seperti diatas, maka akan lebih efisien ketika file tersebut dibuka, maka program yang digunakan adalah program yang sesuai dengan keinginan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara open with, kemudian pilih program sebagai default untuk membukanya. Namun hal tersebut akan terulang lagi pada type file yang lain. Agar lebih mudah dan tidak berulangkali melakkukan pengaturan, anda dapat melakukan pengaturan default program untuk membuka beberapa type file. Dan berikut ini adalah langkh-langkahnya.
  1. Buka Control panel kemudian pilih Default Program

    Default program

  2. Pilih set Your Default programs

    Set Default program

  3. Pada jendela yang muncul pilih program yang ingin anda gunakan, kemudian pada panel sebelah kanan klik Set This Program as Default untuk memilih semua type file dibuka dengan program tersebut kemudian klik OK.

    Set this program sebagai Default program

  4. Atau pilih choose for defaults for this program jika hanya memilih beberapa type file yang dibuka menggunakan program tersebut dengan memberi tanda centang pada type file yang tersedia kemudian klik save.

    Set this program sebagai Default program

  5. Mulai dari sekarang, ketika anda membuka sebuah file, maka program tersebutlah yang akan muncul, bukan program yang lain.

8 komentar:

  1. Makasihhh... makasihhh bangaet sobatttt... >.<

    Beberapa hari ini saya tidak bisa membuka file gambar karena salah instal prgram. Masuk kesini jadi bisa. Aku gag tw...

    Thnkssssssssss......


    Blog saya Mas Blogger Hack, Blogger Tip, SEO and meny more

    BalasHapus
  2. sob . bsa untk instal file windows 7 gak? soalnya saya pke windows Xp jadi,ga bsa instal file tsb.

    BalasHapus
  3. Tolong gan
    ane habis nginstal k lite mega codec pack
    terus nyoba pilih default program buat video tapi gabisa
    Katanya "This file does not have a program associated with it performing this action

    Tolong banget gan
    Makasih

    BalasHapus
  4. terimakasiiiihhhh...
    sangat membantu

    BalasHapus
  5. Gan, cara kembali ke seperti membuka file sebelum nya itu gimn? Soalnya cara diatas ga bisa, problem nya sih, pas aku mau membuka 1 file pake Windows media center! Eh malah semua file jadi di buka windows media center, ini gimn gan?

    BalasHapus
  6. mudah juga ternyata, makasih sudah share...
    solder uap

    BalasHapus
  7. Gua salah ngasih tanda centang buat program aplikasi yg beda, tapi pas gua mau ngilangin tanda centangnya kog gabisa ya min. Apa harus nunggu waktu?? Pliss dibantu min. Stress gua

    BalasHapus