Cara disable atau nonaktifkan control panel di windows 7

Control panel merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk menjalankan perintah-perintah dan melakukan pengaturan yang lebih mendalam terhadap komputer atau laptop. Melalui Control panel anda dapat melakukan pengaturan device, sound, install uninstall program, enable disable windows update, pengaturan hari dan tanggal, install dan uninstall font, dan masih banyak lagi.

control panel

Icon Control panel biasanya terdapat pada start menu dan berada pada windows explorer. Jadi anda bisa mengakses control panel melalui start menu maupun melalui windows explorer. Mengingat pentingnya fungsi control panel, sebaiknya control panel tetap diaktifkan. Namun apabila komputer atau laptop anda adalah laptop atau komputer pribadi dimana anda tidak ingin komputer anda diotak-atik oleh orang lain menggunakan control panel, anda bisa menonaktifkan atau mendisable control panel. Dengan mendisable control panel maka icon control panel yang ada di start menu juga akan hilang, demikian juga control panel yang ada di windows explorer. Artinya user tidak akan bisa mengakses control panel.

Cara menonaktifkan control panel pada windows 7 dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka jendela group policy editor dengan cara tekan tombol Window + R pada keyboard kemudian ketik gpedit.msc dan tekan enter
  2. Setelah jendela gpedit muncul, masuk ke User Configuration/Administrative Templates/Control Panel.
  3. Pada panel sebelah kanan klik ganda pada Prohibit Access to the control panel

    Menonaktifkan control panel
  4. Ubah setting dari Not Configured menjadi Enabled kemudian klik OK

    disable control panel
  5. Restart computer atau restart windows explorer.
  6. Mulai dari sekarang, user tidak bisa lagi membuka control panel
  7. Untuk memunculkan control panel, ulangi langkah diatas kemudian ubah dari enabled menjadi not configured lalu restart komputer.

6 komentar: