Cara nonaktifkan atau disable UAC (User Account Control) di Windows 7

User Account Control atau yang lebih sering disingkat UAC adalah salah satu fitur windows 7 yang berguna sebagai salah satu sistem keamanan windows anda. Apabila UAC dalam keadaan aktif maka apabila terdapat hal yang akan merubah system windows, akan meminta persetujuan user (administrator). Sebagai contoh, ketika user akan membuka registry editor, menginstall software, akan muncul permintaan persetujuan apakah anda memperbolehkan aplikasi tersebut dibuka atau tidak. Jika anda menyetujui maka aplikasi bisa berlanjut, namun jika anda klik No maka tidak akan terjadi apa-apa.

UAC akan sangat bermanfaat ketika seseorang atau user sendiri menjalankan sebuah file yang terdapat virusnya, karena user bisa membatalkan perintah tersebut. Akan berbeda jika halnya UAC dinonaktifkan, maka aplikasi atau file yang berisi virus tersebut akan dijalankan yang ujung-ujungnya akan menginfeksi komputer. Maka demi keamanan komputer sebaiknya UAC ini tetap diaktifkan.

Peringatan UAC

Namun dapat dimaklumi, terkadang user juga merasa risih dengan peringatan UAC tersebut dikarenakan seringnya muncul UAC. Banyak dari user yang akhirnya menonaktifkan atau mendisable UAC tersebut. Jika demikian halnya, maka anda bisa menonaktifkan User Account control (UAC) menggunakan cara sebagai berikut :
  1. Klik start kemudian ketik pada search box “UAC” dan tekan Enter
  2. Pada jendela yang muncul, geser slider keposisi paling bawah, seperti gambar dibawah ini.

    Disable UAC

  3. Klik OK dan restart komputer.
  4. Maka peringatan permintaan konfirmasi user tidak akan muncul lagi.

0 komentar:

Posting Komentar