Cara burning file data ke cd / dvd tanpa software di windows xp

Mobilisasi data dan backup data memang lebih mudah dan lebih praktis menggunakan flashdisk daripada menggunakan cd atau dvd. Namun dalam beberapa hal menyimpan data ke dalam sebuah cd atau dvd tetap harus dilakukan untuk memenuhi suatu permintaan khusus. Untuk menyimpan file ke dalam sebuah keping cd atau dvd bisa menggunakan bantuan software seperti Nero atau software yang lain. Namun anda dapat pula menyimpan file data ke cd / dvd tanpa menggunakan software apapun, namun menggunakan fitur yang telah disediakan oleh windows dengan catatan komputer atau laptop anda telah menggunakan CD / dvd rom rewritable. Kalau hanya cd rom atau dvd rom saja tidak bisa digunakan untuk menyimpan data kedalam cd.

Cara burning data atau menyimpan data file ke cd tanpa software pada windows xp dapat anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Masukkan keping CD/DVD ke CD/DVD rom rewritable
  2. Copy file data anda ke drive cd rom tersebut
  3. Maka pada drive tersebut akan muncul pesan Files Ready to be written to the CD. Biasanya file atau folder tersebut akan ditandai dengan tanda panah kebawah.
  4. Blok atau seleksi folder atau file tersebut kemudian klik menu file dan pilih Write this Files to CD

    Write files to cd
  5. Pada jendela yang muncul ketikkan nama cd pada CD name, yang nantinya akan muncul pada drive cd rom. Aktifkan pilihan Close the wizard after the files have been written, hal ini berfungsi untuk menutup program secara otomatis ketika proses burning selesai. Jika sudah klik Next

    CD Writing Wizard
  6. Maka proses burning berjalan dan tunggulah sampai dengan selesai. Ketika proses telah selesai maka CD / DVD akan keluar dengan sendirinya dari drive cd rom.

    Burning data ke CD

5 komentar:

  1. Sipp. Thx..

    Kunbal punya saya juga yaa..
    http://www.top-cara.com/2013/08/cara-burning-file-ke-cd-dvd-di-windows-7.html

    BalasHapus
  2. Gan sya coba pas proses ditngah jalan lngsung brenti.keluar sendiri.pas dicek blm brhasil ke burning. itu kenapa ya gan ?.makasih.

    BalasHapus
  3. Wah, ane pikir tanpa software g bisa gan... Thx banget infonya

    BalasHapus