Tips meningkatkan dan menambah ruang harddisk di Windows

Free up disk space

Pada komputer atau laptop yang baru di beli alias new, ruang harddisk atau space disk masih terasa longgar karena belum banyak diisi data dan file. Pada saat ini kapasitas atau volume harddisk lumayan besar-besar rata-rata 500 GB bahkan ada yang sampai mencapai satuan Terrabite (TB). Dengan kapasitas yang lumayan besar tersebut maka akan dapat menampung banyak file baik file yang berupa data, program, software, gambar dll.

Lama kelamaan tidak akan terasa bahwa harddisk akan semakin sedikit ruang kosongnya atau sisa ruang harddisk yang ada menjadi semakin sedikit atau kecil. Terutama pada drive C tempat system terinstall, hal ini dikarenakan banyak aplikasi baru yang diinstall di komputer maupun laptop. Selain itu masih ada user yang menyimpan file atau datanya di drive C, padahal sebaiknya lokasi penyimpanan file atau data berada di drive selain drive C. Hal tersebut dikarenakan apabila terjadi kesalahan atau error maka keamanan data anda akan lebih terjamin atau terjaga.

Dengan penuhnya drive tersebut akan dapat menyebabkan turunnya kinerja komputer tersebut, Windows berjalan semakin lambat. Untuk mencegah hal tersebut, maka tips ini bisa jadi hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan atau menambah ruang kosong harddisk di komputer anda.

  1. Gunakan Disk cleanup Utility untuk menghapus temporary file. Klik start / All Programs / Accessories / System tools / Disk Cleanup. Pilih drive kemudian beri tanda centang pada file yang ingin dihapus pada tab disk cleanup jika sudah klik OK.
  2. Uninstall Program atau aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan menggunakan fitur uninstall program di control panel.
  3. Disable Hibernation. Dengan disable hibernation maka secara otomatis akan menghapus file hiberfil.sys yang mempunyai volume yang lumayan besar di drive C.
  4. Pada file yang jarang dibuka namun masih ingin anda simpan, bisa anda backup atau disimpan di removable disk, CD maupun media penyimpanan portable yang lain.
  5. Hapus file-file yang sudah tidak dipergunakan atau file yang sudah usang dan rusak. Perlu waktu untuk mencari file-file tersebut, namun akan sangat berguna ketika file tersebut telah dihapus, karena bisa menambah ruang kososng pada harddisk.
  6. Pada beberapa kondisi anda juga bisa menggunakan software compress file atau data untuk memperkecil ukuran suatu file. Software tersebut seperti Win RAR, Win Zip, 7Zip, dll.
  7. Gunakan software yang berfungsi untuk menghapus file-file sampah atau junk files seperti CCleaner, dll.
  8. Meskipun restore point juga mempunyai ukuran volume yang cukup besar, namun sebaiknya anda jangan menghapus restore point ini karena restore point sangat berguna ketika system windows terjadi error.
  9. Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda … dan sukses selalu.

4 komentar: