Cara Membuat Shortcut Restart Komputer

Restart komputer biasanya dibutuhkan dan digunakan untuk mengaplikasikan pengaturan baru pada komputer tersebut. Seperti Uninstall atau Install suatu program tertentu yang membutuhkan restart untuk dapat melaksanakan proses secara tuntas. Selain itu perubahan tweak yang dilakukan melalui perubahan key dari registry maupun gropu policy editor atau gpedit juga membutuhkan proses restart. Restart juga dilakukan untuk kebutuhan tertentu dari seorang user.

Restart komputer dapat dilakukan menggunakan perintah restart dari start menu atau bisa juga menggunakan perintah restart dari task manager. Untuk mempercepat akses perintah restart komputer, seorang user bisa membuat shortcut Restart yang berupa icon restart di desktop atau bisa juga diletakkan di quick launch agar mudah untuk diakses. Dengan melakukan klik ganda pada icon restart tersebut, maka komputer akan melakukan restart secara otomatis.

Berikut ini adalah cara membuat icon shortcut Restart komputer.
  1. Klik kanan pada desktop kemudian klik New dan pilih Shortcut

    New Shortcut
  2. Muncul wizard Create Shortcut, ketikkan perintah “shutdown -r -t 00” (tanpa tanda petik) dan klik next

    Perintah restart komputer
  3. Ketikkan nama shortcut tersebut dengan nama Restart atau nama yang lain sesuai selera anda. Setelah itu klik Finish.

    Nama restart komputer
  4. Maka icon shortcut telah selesai dibuat. Dan untuk selanjutnya anda perlu merubah tampilan icon restart tersebut agar tampilannya menjadi lebih menarik. Untuk itu silahkan dibuka halaman ini untuk mempelajari cara merubah icon shortcut restart.
Maka Icon Restart telah selesai dibuat, dan anda tinggal klik ganda pada icon tersebut untuk melakukan restart komputer

2 komentar: